Tipe pemimpin Rapat (fix)


Pemimpin rapat terbagi dalam berbagai tipe. Tipe-tipe pemimpin rapat sebagai berikut:

1. Tipe otoriter
Ciri-ciri seorang pemimpin rapat yang mempunyai tipe kepemimpinan otoriter,
antara lain suka memaksakan kehendak, merasa paling berkuasa, dan merasa paling mengetahui segala hal, sehingga kurang memberikan kesempatan kepada para peserta rapat untuk mengemukakan pendapatnya. Hal ini akan mengakibatkan hasil keputusan rapat kurang dapat dipertanggungjawabkan dan dilaksanakan, karena bukan merupakan keputusan bersama dan mungkin saja ada pihak-pihak yang tidak puas terhadap hasil keputusan rapat tersebut.

2. Tipe demokratis
Ciri-ciri seorang pemimpin rapat yang mempunyai tipe kepemimpinan demokratis, 
antara lain bersifat terbuka, mau menerima kritik dan saran dari peserta rapat, memberi kesempatanpada peserta rapat untuk mengemukakan pendapatnya, berperan sebagai pembimbing, pengarah, pemberi petujuk dan terlibat langsung dalam interaksi kelompok. Keputusan yang diambil oleh pemimpin rapat merupakan musyawarah kelompok.

3. Tipe laizess-faire
Ciri-ciri seorang pemimpin rapat yang mempunyai tipe kepemimpinan laizess-faire 
antara lain memberi kebebasan kapada para peserta rapat untuk mengendalikan jalannya rapat. Pemimpin tipe ini bersifat pasif dan cenderung masa bodoh, tidak terlibat langsung dalam kegiatan kelompok, tidak inisiatif, dan cenderung bersikap sebagai penonton saja. Rapat yang dipimpin oleh seseorang dengan tipe kepemimpinan seperti ini seolah-olah tidak ada pemimpinnya, sehingga hasil keputusan rapat biasanya tidak sesuai dengan tujuan rapat yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan berkomentar untuk membangun blog ini

nyumbang artikel