kelebihan dan kekurangan mandi air hangat

Sesudah capek seharian, paling enak memang pulang ke rumah dan mandi air panas. Rasanya semua capek hilang sejenak. Tapi, tahu nggak sih di balik perasaan nyaman setelah mandi air panas itu, ada banyak manfaat kesehatan yang kita dapat?

It Could Be Good…
Mandi air panas punya efek yang bagus buat kesehatan kita. Ini dia beberapa efek ajaib yang bisa kita dapat hanya dengan mandi air panas:

* Sembuhkan batuk. Menghirup uap panas selama 10-15 menit bisa membantu kita menghilangkan phlegm, yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan membuat kita batuk. Makanya, mandi air panas bisa membantu menyembuhkan batuk.


* Hilangkan stres dan insomnia. Mandi air panas membuat kita merasa santai, meringankan sakit dan tegang pada otot dan memperlancar peredaraan darah. Makanya, mandi air panas bisa membantu menghilangkan stres dan membuat kita tidur lebih mudah.

* Obati migrain. Penyebab kita sakit kepala atau migrain adalah karena peredaran darah ke kepala kurang lancar. Karena air panas bisa membuat peredaran darah kita lancar, secara otomatis juga bisa mengurangi sakit kepala kita.


* Hindari kulit kering. Kalau cuaca dingin, kulit kita sering banget jadi kering dan pecah-pecah. Untuk menghilangkan itu, kita biasanya menggunakan pelembab atau pun body lotion. Tapi, sebaiknya sebelum itu, kita mandi air panas dulu, karena akan membuka pori-pori kulit dan memaksimalkan kerja pelembab atau body lotion.

EFEK BAIK

Mandi air panas dapat mengeluarkan racun. Mandi dengan air bersuhu antara 32-35 Celcius dapat membuka pori pori yang dapat membantu mengeluarkan racun toksin dalam tubuh. Sekarang ini air panas dapat dengan mudah digunakan dengan Pemanas Air Wika

Dapat menyembuhkan sakit otot/pegal. Merendam kaki ke dalam air panas dapat membantu menyembuhkan dari selesma, sakit kepala dan membantu menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukkan air panas secukupnya sehingga melewati pergelangan kaki. Tambahkan beberapa tetes minyak seperti minyak lavender, peppermint atau lemon. Bilas dengan air dingin. Lakukan terapi ini selama 10-20 menit.

Spa yang kita kenal sekarang tak cuma dihubungkan dengan air, melainkan juga dengan perawatan kecantikan, kesehatan jiwa-badan, serta kebugaran, yang menyertakan bahan-bahan atau cara alami seperti perawatan wajah dan tubuh dengan aromaterapi, mandi rempah, body scrub, body wrap, pengaturan gizi, yoga, meditasi. Namun konsep Spa itu sendiri asal-muasalnya hanya berkaitan dengan air. Istilah "spa" diambil dari bahasa Yunani sante par aqua, artinya kesehatan melalui terapi air.

Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran. Cipratan air mancur pada tubuh pun akan terasa seperti pijatan, sehingga tubuh akan merasa lebih relaks. Para pakar pengobatan alternatif bahkan menyatakan, bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif.

Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman paket oksigen ke dalam sel dan jaringan. Mandi menggunakan shower di rumah pun mempunyai efek menghasilkan ion negatif.Di negara maju terapi air juga sudah banyak dilakukan. Dua pakar asal Jerman, Vincenz Priesnitz dan Pastor Sebastian Kneipp, memanfaatkan air hangat dan dingin. Semula pasien dimasukkan ke dalam bak air hangat yang kini dapat dihasilkan oleh pemanas air wika agar berkeringat, kemudian dipindah ke bak air dingin, lalu diminta pula untuk berjalan-jalan sebentar agar berkeringat lagi. Terakhir, pasien mandi lagi dengan air dingin. Pertukaran suhu dari panas ke dingin inilah yang menjadi kunci rahasia pengobatan ini. Manfaatnya untuk menstabilkan kerja jantung dan peredaran darah.

Mandi air hangat juga cocok buat kita yg gemar berolah raga. Karena dengan mandi air hangat membuat suhu tubuh kita yg gemar olah raga tetap terjaga metabolisme nya. Bayangin aja, apa rasa nya klo kita habis olah raga trus badan langsung di guyur pake air dingin. Yg ada kita jadi sakit kepala, panas makin tinggi, dan akhirnya sakit. Bisa juga bikin lipatan di tubuh kita jadi kram. Seperti pergelangan tangan, sikut, leher, panggul, lutut, juga pergelangan kaki kita. Soalnya aye pernah alamin yg kek gini habis di guyur langsung air dingin. Padahal sebelumnya saya habis olah raga.

EFEK BURUK

Sebenarnya paling baik memang mandi air yang suam-suam saja suhunya, malah untuk proses detoksifikasi, diharuskan untuk mandi air dingin saja untuk membantu tubuh mengeluarkan racun. Namun, yang populer di masyarakat kota sekarang adalah mandi air hangat, terkadang malah hangat menuju sangat panas (>50 derajat Celsius).

Efek langsung dari mandi air hangat yang berketerusan pertama adalah kulit kering. Jika mandi air hangat, kelembaban yang terikat dalam kulit tidak akan berlangsung lama jika dibandingkan dengan mandi air dingin.

Karena mandi air hangat (menaikkan suhu tubuh) memicu syaraf untuk menjadi berkurang produktifitasnya (biasanya dilakukan untuk orang insomnia), maka tidaklah baik jika terlalu sering mandi air hangat karena secara tidak langsung vitalitas akan menurun.

Untuk kaum pria, mandi berendam air hangat yang berkelanjutan membesarkan resiko infertilitas/kemandulan. Kenapa?? karena dengan keseringan kita mandi dengan air hangat membuat sperma kaum laki2 menjadi kurang produktivitasnya. Dan membuat lemah di waktu akan menuju rahim kaum wanita.

Mandi air hangat juga membuat kita jadi kurang gairah atau kurang semangat untk menjalani aktivitas kita. Karena suhu tubuh yg terbawa menjadi panas. Untuk orang yg hobi berolah raga mungkin sudah biasa dengan suhu tubuh yg panas. Malah bisa membuat mereka jadi makin semangat. Tapi bagi kita yg kurang berolah raga ato berolah raga tapi gak teratur, yg ada kita malah jadi males.

Segini dulu ya info dari aye. Mohon maaf apabila ada yg tidak berkenan di hati agan2. Maklumlah jarang ngasih info. Seringnya dapet info. Aye gak ngarepin cendol. Karena aye cuma ingin berbagi info aja. Tapi klo ada yg mau ngasih, aye gak nolak.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5415660
http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/manfaat.mandi.air.panas/001/007/361
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5824948

1 komentar:

  1. wah sangat berguna sekali infonya gan, terima kasih, sukses terus dan perbanyak ni tulisan2 yg berguna kaya gini (y)

    BalasHapus

silahkan berkomentar untuk membangun blog ini

nyumbang artikel